TP.FKIP.UNIVETBANTARA.AC.ID ~ Mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Veteran Bangun Nusantara telah melaksanakan Program Kampus Mengajar 7, ada yang ditugaskan di SD Negeri Sidorejo 02 dan SMPN 1 Bendosari.

Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk terjun langsung ke dunia pendidikan, mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari di bangku kuliah, serta memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat. Berdasarkan laporan, selama program berlangsung mahasiswa banyak memberikan perubahan baik dengan program kerja yang ditawarkan.

Sebanyak empat mahasiswa Universitas Veteran Bangun Nusantara ditugaskan di SD Negeri Sidorejo 02 yakni Sari Aisyah Ramadhani (Program Studi Teknologi Pendidikan), Mita Yuliana (Program Studi Teknologi Pendidikan), Sholihatun Nisa Ulya (Program Studi Pendidikan Matematika), Sheila Malika Rahmadani (Program Studi Pendidikan Matematika), dan Yayuk Sri Rahayu (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar).

Program kerja mahasiswa Kampus Mengajar 7 di SD Negeri Sidorejo 02 :

  1. Perpustakaan Keliling
  2. Literasi Pagi
  3. Pawai Ramadhan
  4. Spiner Literasi (Game Roda Putar Literasi)
  5. New Board (Mading)
  6. Lingkungan Kaya Teks
  7. POCAPI (Pojok Baca Pintar)
  8. Literacy Fest
  9. Gelas Penjumlahan dan Pengurangan
  10. Spiner Numerasi
  11. Kerangka Bangun Ruang
  12. Jago Desain
  13. Bioskop Literasi dan Literasi Islami
  14. Permainan Edukatif
  15. Metode pembelajaran Kreatif

Sedangkan sebanyak tiga mahasiswa ditugaskan di SMPN 1 Bendosari yakni Muhammad Ismael Alvaruk dari Universitas Veteran Bangun Nusantara (Program Studi Teknologi Pendidikan), Afifah Ayu dari Universitas Slamet Riyadi (Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris), dan Amanda dari Universitas Sebelas Maret (Program Studi Pendidikan Kimia).

Program kerja mahasiswa Kampus Mengajar 7 di SMPN 1 Bendosari:

Literasi:

  1. GLS (gerakan literasi siswa)
  2. Motivation letter
  3. Pohon impian
  4. Galery Art Wall

Numerasi

  1. Number box
  2. Penerapan wordwall pada mata pelajaran IPA

Transformasi Digital untuk Pembelajaran/Adaptasi Teknologi

  1. Pelatihan menggunakan Microsoft Excel
  2. Pelatihan menggunakan Canva
  3. Short Movie

Program lainnya:

  1. Revitalisasi Perpustakaan
  2. Revitalisasi Kantin
  3. Revitalisasi Green House
  4. Pembuatan eskrim sederhana
  5. Pajang karya ecoprint

Selama program berlangsung, mahasiswa berusaha semaksimal mungkin untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif dengan program kerja yang telah mahasiswa laksanakan. Tanggapan dari siswa sangat positif, mereka terlihat antusias dan lebih semangat dalam belajar. Selain itu, saya juga merasakan peningkatan dalam kemampuan mengajar dan mengelola kelas, yang tentunya akan menjadi bekal berharga dalam karier mahasiswa di masa depan.

Program Kampus Mengajar ini tidak hanya bermanfaat bagi siswa, tetapi juga memberikan dampak positif bagi mahasiswa. Mahasiswa belajar untuk lebih peka terhadap kebutuhan siswa dan tantangan yang mereka hadapi. Pengalaman ini juga memperluas wawasan mahasiswa tentang dunia pendidikan, khususnya di daerah-daerah yang masih membutuhkan perhatian lebih. Secara keseluruhan, program ini memperkuat komitmen mahasiswa untuk terus berkontribusi dalam memajukan pendidikan di Indonesia.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *