TP.FKIP.UNIVETBANTARA.AC.ID ~ Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Veteran Bangun Nusantara telah resmi berdiri sejak tanggal 29 Agustus 1984 dengan SK No. 0395/O/1984 di bawah naungan IKIP Veteran Sukoharjo yang kemudian berubah menjadi Universitas Veteran Bangun Nusantara di tahun 1996. Berpengalaman puluhan tahun, Prodi Teknologi Pendidikan telah banyak menelurkan Ahli Media Pembelajaran, Guru-guru Profesional, maupun Wirausahawan mandiri di Bidang Teknologi Pendidikan baik di lingkup Regional maupun Nasional.

Teknologi Pendidikan (TP) merupakan kajian dan praktek etis dalam memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja dengan cara menciptakan, menggunakan dan mengelola proses-proses dan sumber-sumber teknologi tepat guna. Ruang lingkup TP sangat luas, sehingga banyak orang mengatakan ilmu TP dapat diaplikasikan pada semua bidang kerja, baik lembaga pendidikan, perusahaan, industri, perbankan, maupun bidang lainnya. Salah satu alasan lahirnya Teknologi Pendidikan adalah karena adanya permasalahan dalam pembelajaran. Oleh karena itu, selama masih ada masalah dalam pembelajaran, maka Teknologi Pendidikan akan selalu ada dan dibutuhkan.

Adapun Visi Keilmuan Program Studi Teknologi Pendidikan yaitu Mengimplementasikan keilmuan teknologi pendidikan yang selaras dengan perkembangan IPTEKS untuk menghasilkan teknolog pembelajaran, pendidik, dan teknopreneur yang kompetitif, adaptif, serta menjunjung tinggi nilai-nilai kejuangan. Sedangkan untuk Misi Program Studi Teknologi Pendidikan yaitu :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dalam bidang desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, dan evaluasi proses ataupun sumber belajar yang inovatif untuk menghasilkan calon pengembang teknologi pembelajaran, guru animasi, multimedia, TKJ, produksi program radio dan TV, serta wirausahawan bidang teknologi Pendidikan.
  2. Menyelenggarakan penelitian inovatif dalam bidang teknologi pendidikan guna melahirkan inovasi yang bermakna bagi proses pendidikan dan pembelajaran.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat bidang teknologi pendidikan dalam rangka percepatan peningkatan kualitas sumber daya manusia.
  4. Membangun kerjasama kemitraan dalam bidang Tridharma Perguruan Tinggi dengan lembaga terkait, baik tingkat nasional maupun internasional.
  5. Menyelenggarakan  tata pamong yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggungjawab, dan adil untuk menjamin peningkatan kualitas pengelolaan pendidikan secara berkelanjutan.

Adapun Tujuan Program Studi Teknologi Pendidikan, yaitu :

  1. Menghasilkan lulusan yang cakap dalam bidang desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, dan evaluasi proses ataupun sumber belajar inovatif sehingga berkualifikasi menjadi calon pengembang teknologi pembelajaran, guru animasi, multimedia, TKJ, produksi program radio dan TV, serta wirausahawan bidang teknologi Pendidikan.
  2. Menghasilkan luaran penelitian inovatif dalam bidang teknologi pendidikan sehingga melahirkan inovasi yang bermakna bagi proses pendidikan dan pembelajaran.
  3. Menghasilkan program dan luaran pengabdian kepada masyarakat bidang teknologi pendidikan dalam rangka percepatan peningkatan kualitas sumber daya manusia.
  4. Memiliki kerjasama kemitraan dalam bidang Tridharma Perguruan Tinggi dengan lembaga terkait, baik tingkat nasional maupun internasional.
  5. Menghasilkan kinerja yang efektif dan efisien dengan mewujudkan iklim akademik yang humanis, transparan, akuntabel, responsif, dan berkeadilan untuk menjamin kualitas pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi secara berkelanjutan.

Program Studi Teknologi Pendidikan juga memiliki sasaran, yaitu :

  1. Mendorong dan memfasilitasi studi lanjut bagi dosen dan tenaga kependidikan.
  2. Meningkatkan kompetensi dosen dan tenaga kependidikan melalui pelatihan bersertifikasi.
  3. Melakukan peninjauan dan inovasi kurikulum secara berkala sesuai tuntutan kebutuhan masyarakat dan dunia industri.
  4. Menyiapkan dan meningkatkan infratruktur sistem informasi untuk proses pembelajaran dan pelayanan kepada mahasiswa.
  5. Upgrading kualitas dan kuantitas sarana laboratorium teknologi pendidikan agar dapat digunakan sesuai kebutuhan dan perkembangan.
  6. Mendorong penyelenggaraan kegiatan terkait pengembangan kepribadian, kepemimpinan, dan penguatan kompetensi softskill mahasiswa.
  7. Memperluas promosi untuk menarik minat mahasiswa dalam dan luar negeri.
  8. Mengembangkan tradisi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang beorientasi pada diseminasi dan publikasi.
  9. Melaksanakan pendampingan bagi peneliti dan pengabdi agar hasil penelitian/ pengabdian kepada masyarakat dapat dipublikasikan pada jurnal nasional terakreditasi dan internasional bereputasi.
  10. Mendorong dan memfasilitasi dosen untuk melakukan kolaborasi penelitian/ pengabdian kepada masyarakat dan publikasi ilmiah.
  11. Mendorong dan memfasilitasi penyelenggaraan program-program terkait pengembangan kepribadian, kepemimpinan, dan penguatan kompetensi softskill mahasiswa.
  12. Mendorong dan memfasilitasi penyelenggaraan kegiatan-kegiatan yang mengaktualisasikan nilai-nilai kejuangan dan nilai-nilai baik yang umum (share “good” common values).
  13. Memastikan Good University Governance (GUG) berjalan dengan baik dan efektif  sesuai dengan tata perundangan yang berlaku.
  14. Optimalisasi penggunaan sistem informasi untuk menunjang keterlaksanaan GUG.
  15. Meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa dan alumni untuk mempercepat masa studi dan waktu tunggu mendapatkan pekerjaan.
  16. Menambah jejaring  kerjasama kemitraan dengan berbagai pihak terkait.
  17. Melaksanakan kebijakan  tata pamong yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggungjawab, dan adil untuk menjamin peningkatan kualitas pengelolaan pendidikan secara berkelanjutan.

Dari paparan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Program Studi Teknologi Pendidikan, maka adapun prospek kerja dari lulusan Program Studi Teknologi Pendidikan, yaitu :

  1. Guru Animasi/Multimedia/Produksi Program Radio dan Pertelevisian
  2. Analis Kurikulum SD-SMA (PNS di Kemendikbud)
  3. Desainer Program Pembelajaran SD-SMA (PNS di Kemendikbud)
  4. Pengembang Teknologi Pembelajaran (PNS di Perguruan Tinggi Negeri dan Lembaga Diklat)
  5. Penyusun/Pengembang Bahan Ajar (Cetak, Audio, Video, Digital)
  6. Pengembang Media/Multimedia Pembelajaran
  7. Desainer/Analis Program Diklat
  8. Teknisi Sumber Belajar (Museum Pendidikan/Perpustakaan)
  9. Pengadministrasi Umum di Berbagai Lembaga
  10. Entrepreneur di Bidang Teknologi Pendidikan (Desain Grafis, Diklat, Multimedia, Foto & Video Shooting)

Ciri khas dari Program Studi Teknologi Pendidikan yaitu technopreneur yakni memiliki kemampuan dan jiwa kewirausahaan bidang teknologi, seperti video shooting, percetakan, animator, content creator, dan usaha sejenisnya. Oleh karena itu Program Studi Teknologi Pendidikan menyusun kurikulum di setiap semesternya ada mata kuliah yang mencirikan technopreneur agar mahasiswa memiliki softkill dan hardskill yang memumpuni dalam berwirausaha dibidang teknologi.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *